Sebagai guru Penjas, salah satu kendala dalam Proses Belajar Mengajar (PBM), adalah melakukan penilaian aspek kognitif (pengetahuan). mengapa demikian, karena menjadi kebiasaan dan problem seorang guru mengukur kemampuan kognitif siswa , karena pelajaran ini berbasis pada aspek gerak yang didukung oleh aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (praktek).
Kebiasaan penilain dalam aspek praktek atau psikomotorik atau aspek gerak siswa. hal yang menjadi kebiasaan aspek pengetahuan (kognitif) di tanggalkan, diganti dengan kegiatan lain. kendala utama seorang guru penjas bagaimana mengkonkritkan soal-soal yang disusun. terkadang hal yang sulit untuk menghubungkan soal-soal tersebut yang berupa lisan atau tertulis yang dapat mencerminkan kemampuan yang diukur atau kemampuan siswa yang di tes.
Sesuai pengalaman yang tersulit dalam pelajaran ini, adalah mengukur kemampuan siswa dari aspek psokomotorik, afektif, dan kognitif, sehingga melahirkan hasil tes dan penilaian yang singkron antara ketiga aspek tersebut. karena sesuai jg pengalaman ada juga siswa lebih bagus atau dominan aspek prakteknya saja, atau teorinya saja. Hal ini penulis mencoba meramu bagaimana soal-soal yang disusun sehingga dapat mengukur kemampuan siswa terhadap penguasaan aspek pengetahuan (kognitif) dapat tergambar kemmapuan siswa yang sesungguhnya.
Pengetahuan
yang akan dinilai pada pembelajaran penjasorkes berdasarkan pendapat Baufard
dan Wall dalam Allen W Burton (1998: 149) meliputi pengetahuan deklaratif (declarative knowledge) berupa
pengetahuan yang bersifat fakta tentang peraturan, hukum, prinsip-prinsip
latihan dan lainnya. Pengetahuan ini dapat diukur melalui paper and pencils test, dan interviu. Sedangkan pengetahuan lain
adalah pengetahuan procedural yang berkenaan dengan bagaimana keterampilan
dilakukan (how do thing), tahapan
serta langkah-langkahnya. Pengetahuan ini menurut Thomas & Thomas dapat
diukur dengan melalui tes lisan dan tulis, serta penampilan fisik secara aktual
(actual physical performance).
Berikut adalah contoh pengembangan
instrument penilaian pengetahuan:
a.
Menyusun
kisi-kisi instrument penilaian
pengetahuan
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensial
|
Level Pengetahuan
|
Jumlah Butir
|
No Soal
|
Pen-skoran
|
1.
|
Menentukan variasi dan kombinasi teknik
dasar permainan bola besar
|
a. Menyebut jenis-jenis teknik dasar yang
dapat divariasikan dan dikombinasikan
|
C-1
|
1
|
1
|
Skor 3, jika jenis disebut secara
lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang
lengkap
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
|
b. Menjelaskan berbagai kegunaan variasi
dan kombinasi teknik dasar
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4, jika penjelasan benar dan
lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi
kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian penjelasan tidak
benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan
yang benar dan tidak lengkap
|
||
c. Menjelaskan cara melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola besar (contoh; sepakbola)
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang
lengkap
Nilai2, jika sebagian urutan tidak benar
dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang
benar dan tidak lengkap
|
||
2.
|
…………………….
|
…………………….
|
……………..
|
……..
|
……..
|
…………………….
|
b.
Dari
kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk soal
uji tulis, sebagai berikut:
1.
Ada
berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bola
besar (contoh sepakbola)? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar tersebut!
2.
Sebut
dan jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam
melakukan permainan bola besar (contoh sepakbola)!
3.
Jelaskan
cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola
besar (contoh; sepakbola)!
c.
Berdasarkan
hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan skor peserta didik (P) dibagi
dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 soal X 11 = 33) dikalikan dengan
satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus :
P/ Max X 100
Contoh :
8/ 11 X 100
Nilai Peserta Didik : 72,72
mudah-mudahan bermanfaat untuk kita sekalian ...
salam olahraga....!!!!
Posting Komentar
isi disini