Dari jenjang
TK sd SLTA, Pendidikan jasmani masuk mata pelajaran yang diajarkan disekolah, bagamana
struktur kurikulum pada Pendidikan jasmani, silahkan dibaca…
Struktur materi
Pendidikan Jasmani dikembangkan dengan menggunakan model kurikulum kebugaran
jasmani dan pendidikan olahraga (Jewtt, Ennis, & Bain, 1995). Asumsi yang
digunakan kedua model ini adalah untuk menciptakan gaya hidup sehat dan aktif,
dengan demikian manusia perlu memahami hakikat kebugaran jasmani dengan
menggunakan konsep latihan yang benar.
Olahraga
merupakan bentuk lanjut dari bermain dan merupakan bagian yang tak terpisahkan
dari kehidupan keseharian manusia. Untuk dapat berolahraga secara benar,
manusia perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai.
Pendidikan Jasmani diyakini dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik
untuk: (1) Berpartisipasi secara teratur dalam kegiatan olahraga, (2) pemahaman
dan penerapan konsep yang benar tentang aktivitas-aktivitas tersebut agar dapat
melakukannya dengan aman, (3) pemahaman dan penerapan nilai-nilai yang
terkandung dalam aktivitas-aktivitas tersebut agar terbentuk sikap dan perilaku
sportif dan positif, emosi stabil, dan gaya hidup sehat.
Sumber :
MODUL
GURU PEMBELAJAR
Mata Pelajaran Pendidikan
Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan
(SMA/SMK)
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik
Analisis Materi Pembelajaran
Dan Bekal Ajar 1
Direktorat
Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun 2016

Posting Komentar
isi disini